Kongres Luar Biasa Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Semoga secepatnya akan digelar

http://chirpstory.com/li/313748

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, memastikan Kongres Luar Biasa Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) secepatnya akan digelar. Asosiasi Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA), kata dia, telah memberikan rekomendasi untuk menggelar kongres tersebut. “FIFA sudah merekomendasi untuk KLB digelar dalam waktu maksimal tiga bulan ke depan,” ujar Menpora, dalam jumpa wartawan di kantornya, Kamis, 28 April 2016.

FIFA menyampaikan rekomendasi tersebut melalui surat resmi FIFA yang ditujukan kepada Menteri Sekretaris Negara, Praktikno. Surat yang ditandatangani acting Sekretaris Jenderal FIFA, Markus Kattner, dikirimkan hanya berselang jam setelah utusan pemerintah Indonesia yang diwakili Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia Erick Thohir dan Ketua Tim Ad-Hoc Reformasi PSSI Agum Gumelar bertemu dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino, di markas FIFA, di Zurich, Swiss, Selasa lalu.

Nantinya, FIFA, kata Menpora, bersama AFC (Konfederasi Sepak Bola Asia), akan membentuk Komite Independen untuk mengawasi jalannya KLB. Namun, siapa saja nanti yang akan masuk dalam komite tersebut, Imam belum bisa memastikannya. “Terus terang kami masih menunggu kedatangan utusan dari pemerintah, Pak Erick Thohir yang sekarang masih di Zurich. Nanti saya detailkan lagi,” kata dia.

Menpora berkeyakinan anggota PSSI akan melakukan rekomendasi dari FIFA karena selama ini mereka selalu berpegang pada arahan federasi sepak bola tertinggi di dunia tersebut. “Selama ini katanya hanya tunduk kepada FIFA, sekarang FIFA begini, masak nggak mau?” kata dia.

Dalam surat FIFA, kata Menpora, dituliskan bahwa KLB adalah hal yang nyata dan tak bisa ditunda lagi. Namun, federasi yang dipimpin Infantino itu meminta pemerintah Indonesia untuk segera mungkin melakukan evaluasi terhadap pemberian sanksi terhadap PSSI sebelum kongres FIFA di Meksiko pada 12 Mei mendatang.

Untuk pencabutan sanksi tersebut, dia belum bisa memastikan kapan akan dilakukan. Tetapi dia menegaskan dalam waktu dekat pemerintah akan mempertimbangkannya. “Nanti diumumkan lagi,” ujarnya.

Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto, saat dikonfirmasi, mengatakan bahwa Surat Keputusan pencabutan sanksi terhadap PSSI sudah disiapkan lama. Tetapi masih menunggu waktu yang tepat. “Drafnya sudah ada, tinggal ditandatangani,” ujarnya, ditemui terpisah.

Photo published for Menpora Tunggu Hasil Laporan Erick Tohir Temui Petinggi FIFA - Tribunnews.com

Pemerintah, menurut Menpora, akan mendorong agar diselenggarakan KLB dengan menetapkan beberapa hal, di antaranya: mengubah status hukum dari perkumpulan saat ini menjadi perusahaan seperti keberhasilan federasi sepak bola di Australia. Dia ingin dimasukkannya saham bagi komunitas suporter dalam klub.

Photo published for Menpora Belum Dapat Kabar dari Erick Thohir Soal PSSI

Selain itu, Menteri Imam menambahkan, meminta anggota PSSI mempertimbangkan kembali apakah aspek kesejarahan PSSI. “Apakah itu harus terus kita kawal atau sebaliknya kita harus memperbaiki manajemen personalia maupun orang-orang yang bisa mengendalikan PSSI secara reformatif?” ujarnya.

Photo published for Siap Temui FIFA, Agum Ogah 'Ditipu' Menpora Lagi | TIMES Indonesia – Olahraga

Terkait dengan penyempurnaan peraturan, pemerintah akan segera menerbitkan peraturan menteri tentang standardisasi organisasi cabang olahraga agar memiliki visi reformasi, standardisasi pengurus cabang olahraga, dan standardisasi penyelenggaraan kongres maupun munas cabang olahraga.

Photo published for Bukan PSSI yang Salah, tapi Menpora

Ketiga peraturan pemerintah itu, Menpora menambahkan, nantinya akan menjadi rujukan dalam membangun pondasi reformasi tata kelola sepak bola, sekaligus mendorong PSSI melakukan KLB yang reformatif.

Photo published for FIFA Berencana ke Indonesia Lagi, Menpora: Kami Terbuka | Tempo Bola

Tahapan lanjutan dari reformasi tata kelola lewat dua cara ini merupakan respon atas berbagai aspirasi sekaligus menjawab pertanyaan mengenai arah reformasi tata kelola yang sedang digulirkan pemerintah. “Saat ini kita sudah mempunyai blue print mengenai arah reformasi tata kelola, prosesnya yang telah bergulir,” tutur Menpora

teks berita copas dari https://m.tempo.co/read/news/2016/04/28/237766799/fifa-beri-rekomendasi-pssi-gelar-kongres-luar-biasa

Gambar nyomot dari https://twitter.com/search?q=fifa%20menpora&src=typd

 

Di Sebar oleh iklan BaE

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s